Sabtu, 30 Maret 2013

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen


Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tak pernah berhenti meningkatkan pengawasan barang beredar terhadap produk non-pangan maupun pangan. akhir akhir ini telah banyak bermacam macam barang yang sudah beredar ke konsumen yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia ( SNI ). 

Di coretan kali ini saya akan memmberikan sedikit ulasan yang langsung berhubungan dengan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen dan dalam rangka menyambut hari pelanggan nasional yang akan jatuh pada bulan April nanti. Melalui Kementrian Perdagangan Republik Indonesia tanpa lelah mendengungkan petuah pelanggan cerdas yang paham perlindungannya kepada segenap lapisan masyarakat. Bahkan usaha tersebut juga dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan para pemilik situs, website atau blog di seluruh Indonesia.

Untuk mewujudkan menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen bukanlah sesuatu yang sulit maupun rumit. Beberapa hal berikut mungkin perlu untuk kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai konsumen yang cerdas yang meliputi :

 1. Teliti sebelum membeli.

Sebelum kita membeli suatu barang, hendaknya kita teliti. Periksa secara detail kondisi, kualitas, serta harga yang ditawarkan.

2. Memperhatikan label.


Banyak dari kita sebagai konsumen tidak memperhatikan label barang yang kita beli, padahal label bisa di bilang sebagai identitas barang tersebut, seperti tanggal pembuatan, komposisi, harga dan lainnya.

3. Kartu manual garansi dan tanggal kadaluarsa.


Selalu cek Kartu manual garansi dan tanggal kadaluarsa dari barang yang hendak Anda beli untuk memastikan jaminan akan barang tersebut.

4. Pastikan produk sesuai standar mutu K3L.


Pastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan standar mutu K3L.

5. Membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan.


Dengan membeli sesuai kebutuhan, kita bisa menghemat pengeluaran. Jika kita masih mempunyai barang yang masih bisa kita gunakan untuk apa kita harus membeli yang baru.


 Pengawasan tersebut juga dilakukan untuk mendorong peningkatan produksi dan penggunaan produk dalam negeri serta mencegah distorsi pasar dari peredaran produk impor yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Disamping itu, kerja sama ini juga dilakukan sebagai antisipasi agar barang-barang yang beredar di wilayah Indonesia memenuhi kaedah keselamatan, keamanan dan kesehatan serta lingkungan hidup dan layak digunakan, dimanfaatkan, serta dikonsumsi oleh masyarakat.

 Tak hanya barang barang non pangan yang tidak berlebel SNI yang harus di halangi untuk masuk ke indonesia Menteri Perdagangan RI harus juga mengawasi produk-produk yang biasa kita konsumsi sehari-hari  Mulai dari jenis pangan seperti sayur dan buah dll.

 Satu lagi yang harus di teliti jika membeli barang dalam ke adaan kiloan dengan menimbang kembali anda bisa mengetahui berat dari timbangan barang anda sudah pas atau tidaknya agar anda tidak di rugikan dalamm hal timbangan maka dari itu pemerintah telah menyediakan timbangan gratis yang bisa Anda gunakan untuk menimbang kembali barang belanja Anda. Pemerintah telah menyediakan timbangan di tempat-tempat yang strategis.
 Jadilah konsumen cerdas mulai dari sekarang dan ayo dukung upaya pemerintah dalam menghalangi produk-produk illegal ini melalui program Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen. Dan apabila menemukan ada barang yang melanggar aturan, misalkan tidak label SNI ( Standart Nasional Indonesia ) atau tidak layak untuk di konsumsi maka hal tersebut bisa di laporkan ke pihak berwenang, dalam hal ini Kemendag. Info Lengkap nya silahkan di http://ditjenspk.kemendag.go.id

4 komentar:

aDO aMANG mengatakan...

Moga menang ya bang kontesnya..salam kenal.

Icahbanjarmasin mengatakan...

Ikut kontes juga ya bang Ariez..? moga winner aza dech bang..hahahhayyy

Perlindungan Konsumen mengatakan...

mantep nih ulasannya... semoga menang ya OM dalam kontesnya

Ardi yansyah mengatakan...

Semoga Sukses gan...
ada kontes seo terbaru nih, Starting 7 April 2013 Hadiah Jutaan Rupiah !! Ikuti dan Menangkan !!

Informasi Lebih Lanjut:
http://artikelmenarikunik.blogspot.com/2013/04/kontes-seo-terbaru-2013-bulan-april.html

Posting Komentar