Senin, 16 April 2012

Bahan Bakar dari Tinja Manusia.

Tinja atau feses atau dalam bahasa kasarnya disebut tahi adalah produk buangan saluran pencernaan hewan maupun manusia yang dikeluarkan melalui anus atau kloaka. Pada manusia, proses pembuangan kotoran dapat terjadi (bergantung pada individu dan kondisi) antara sekali setiap satu atau dua hari hingga beberapa kali dalam sehari. 

Bau khas dari tinja atau feses disebabkan oleh aktivitas bakteri. Bakteri menghasilkan senyawa seperti indole, skatole, dan thiol (senyawa yang mengandung belerang), dan juga gas hidrogen sulfida. Asupan makanan berupa rempah-rempah dapat menambah bau khas feses atau tinja. Di pasaran juga terdapat beberapa produk komersial yang dapat mengurangi bau feses atau tinja.

Pada sebuah percobaan di Universitas California menghasilkan bahan bakar yang bahan bakunya berasal dari tinja manusia. Yakni dengan mengubah biogas menjadi hidrogen yang dapat digunakan untuk menggerakkan mobil hidrogen.tidak percaya kah dengan penemuan ini inilah proses terjadinya bahan bakar yang berasal dari tinja manusia....


Prosesnya, bakteri pada tinja menghasilkan biogas yang jika dicampur dengan uap panas, akan mengurai metan menjadi hidrogen dan karbon dioksida.
“Ini adalah teknologi penghasil hidrogen dengan dampak lingkungan terminim,”ujar Scott Samuelson, direktur National Fuel Cell Research Center,Universitas California, seperti dikutip dari MSN.
Pembangkit listrik dari bakteri dan biogas bukan hal baru. Tapi ini adalah pertama kalinya teknologi ini digunakan sebagai penghasil bahan bakar mobil hidrogen.
Samuelson mengatakan, tinja manusia yang mengandung banyak bakteri dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan lebih dari 30% jumlah kendaraan bermotor di California Selatan.

 Tinja atau feses baik dari hewan (lebih sering dipakai) maupun dari manusia (jarang dipakai) dapat juga digunakan sebagai pupuk kandang, sebagai sumber bahan bakar yang disebut bio gas, namun beberapa kalangan menganggap bahwa menggunakan kotoran manusia untuk pupuk atau keperluan lain adalah hal yang dianggap kurang etis.

6 komentar:

Ncofies mengatakan...

perlu di terapkan nihhhhh

Harso Adjie Broto mengatakan...

bagus nih sob buat menghemat Bahan Bakar, jadi kalau mau naik mobil, harus berak dulu wkwkwkwk

salam www.adjiebrotot.com

anwar mengatakan...

sekalian buat jamban dalam mobil aja, langsung proses wkwkwkwkwk

Kampus TI mengatakan...

bagus nih gan perlu di kembangkan heheee biar BBM jadi gratis n gx mikirin klo bensin naek hehee..

wisnu mengatakan...

tapi bisa jadi pencemaran udara ngak nih?

bunga mengatakan...

betul2 mantab nih...

Posting Komentar