Selasa, 31 Januari 2012

Bahaya Kerokan

SAAT ini kondisi cuaca bisa dikatakan sedang tidak bersahabat. Terutama kerap munculnya angin kecang. Bahkan tidak hanya dipagi hari serta malam hari, angin kencang pun muncul saat di siang hari, dimana banyak orang yang melakukan aktivitasnya di luar rumah. Untuk itu, sangat diperlukan mengecek kondisi kesehatan dan jangan sesekali menganggap remeh yang namanya masuk angin.


Seperti diketahui, kerap mendengar istilah "angin duduk" untuk menggambarkan sakit mendadak yang ditandai keringat dingin, pusing dan sulit bernapas. Mirip gejala masuk angin. Bahayakah kondisi ini?

"Angin duduk, selain seperti masuk angin, sering terasa seperti sedikit flu dan ada rasa tidak nyaman di dada. Ini sebenarnya adalah gejala serangan jantung, namun orang awam banyak menyebutnya dengan sebutan, 'angin duduk'," kata Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dr. P. Tedjasukmana, SpJP, di Jakarta.

Berdasar penelitian beberapa dokter melalui teknik wawancara, 60 % pasien menyatakan mengalami serangan jantung dengan gejala awal menyerupai masuk angin.



 Banyak juga dari masyarakat yang menganut kebiasaan 'kerokan' saat menderita masuk angin. Kalian pasti sudah tahu, apa itu 'kerokan' bukan? 'Kerokan' itu suatu pengobatan tradisional untuk mengatasi gejala masuk angin dengan cara menggosokkan suatu benda tumpul seperti koin, batu giok, gundu, potongan jahe, potongan bawang, atau benda tumpul lainnya yang dipadupadakan dengan cairan licin seperti minyak telon, minyak olive, minyak kelapa, atau lotion. Agar saat dikerok atau digosok, kulit kita tidak mengalami iritasi.


 Aktivitas mengerok atau mengerik tubuh, berdampak pada pori-pori kulit akan terbuka lebar oleh karena efek gesekan kulit dengan benda tumpul maupun karena panas tubuh yang meningkat. Saat poripori membesar, maka akan memudahkan angin masuk kembali ke tubuh dengan membawa bakteri dan virus dari udara ke dalam tubuh.


 Jadi, dalam hal ini bukan berarti mengindahkan terapi tradisional yang sudah turun temurun. Namun diharapkan, bisa lebih waspada dan bisa memilih yang terbaik untuk kesehatan tubuh.

1 komentar:

Copyright Tanpa Nama mengatakan...

Nice Share Gan, baru tahu, ternyata kerokan bahaya juga. Pokoknya thank's atas infonya...!!!

Posting Komentar